IKLAN DFP 1
IKLAN ADSENSE 1 in article ads
Saturday 26 November 2011
Using Stock Photos And Your Business Web Site, Web Design Stock Photos - Engage Visitors on Your Website, Taking Low Cost Digital Stock Photos, 6 Absolutely Free Stock Photo Websites, Business Traveller Flying to London? A London City Guide for Getting to the Centre, Start a Home Travel Business and Profit From the Multi-Billion Dollar Online Travel Industry

dahsatnya kegiatan public relations

IKLAN ADSENSE 2 300 X 250 IKLAN ADSENSE 3 RESPONSIVE LINK

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata komunikasi atau melakukan aktifitas komunikasi. mulai dari kita lahir kita sudah berkomunikasi dengan dunia dengan cara menangis yang menandakan keberdaaan (kelahiran). Sebenarnya apa yang dimaksud dengan komunikasi ? komunikasi adalah proses penyampaian pesan baik verbal maupun non verbal dari komunikator kepada komunikan.
sedangkan pengertian dari public relations itu adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan perngertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. pendapat ini menunjukkan bahwa public relations dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi ( Coulsin-Thomas, 2002).


Tujuan Public Relations 
menurut Rosady Ruslan (200-, p.246) adalah sebagai berikut:
  • Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
  • Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
  • mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relations.
  • Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
  • Mendukung bauran pemasaran.
Tugas Public Relations
  1. Merancang pesan tematik agar pesan disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan.
  2. melakukan segmentasi media, dimana seorang public relations harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak maupun elektronik.
  3. Komunikasi interaktif. contohnya beberapa organisasi dalam merancang logonya melakukan pelibatan konsumen dimana dilakukan kompetisi merancang logo, contoh lain yaitu rubrik konsultasi atau jasa layanan konsumen melalui telepon.
  4. Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya.
  5. Iklan multiguna (memanfaatkan momentum psikologis) contoh bukan basa-basi.
  6. Penjualan simpatik / CSR (cooporate social responsibility) contoh : Aqua menyisihkan hasil penjualan untuk pipa mengalirkan air dikawasan timur Indonesia.
  7. Melakukan iklan layanan masyarakat.
  8. Pemasaran dari mulut kemulut.
  9. Ajang pemasaran khusus diman aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak. contoh ajang PRJ.
  10. Memanfaatkan komunikasi yang akrab untuk pelanggan. 
contoh kegiatan public relations yaitu melobi, berbicara di depan publik, menyelenggarakan acara dan membuat penyataan tertulis. 
selain itu adapun produk-produk tertulis public relations itu adalah sebagai berikut:
  1. Siaran pers yaitu informasi yang mengandung nilai berita dan disampaikan oleh publik melalui media massa.
  2. Latar belakang ( Backgrounder).
  3. media internal 
  4. laporan tahunan
  5. advetorial
  6. profil perusahaan
  7. lembaran berita (Newsletter).
  8. prospektus.
  9. penulisan komentar pembaca.
  10. penulisan naskah pidato.
  11. iklan layanan masyarakat. 
contoh kegiatan public relations yang bisa diambil ialah dari PT Unilever khususnya pepsodent yang menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan gigi kepada masyarakat. kegiatan ini mempunyai tujuan yang sangat baik selain mendidik masyarakat agar memelihara kesehatan gigi mereka. dan dari sisi perusahaan menciptakan image yang baik kepada masyarakat agar senantiasa masyarakat tersebut menggunakan produk pasta gigi yang ditawarkan. dari situlah, keberadaan public relations sangatlah penting untuk menciptakan image(citra) yang baik kepada masyarakat.

IKLAN ADSENSE 4 300 X 600 IKLAN ADSENSE 5 RESPONSIVE LINK
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : dahsatnya kegiatan public relations

0 comments:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
IKLAN DFP 2
IKLAN DFP 2