Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata komunikasi atau melakukan aktifitas komunikasi. mulai dari kita lahir kita sudah berkomunikasi dengan dunia dengan cara menangis yang menandakan keberdaaan (kelahiran). Sebenarnya apa yang dimaksud dengan komunikasi ? komunikasi adalah proses penyampaian pesan baik verbal maupun non verbal dari komunikator kepada komunikan.
sedangkan pengertian dari public relations itu adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan perngertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. pendapat ini menunjukkan bahwa public relations dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi ( Coulsin-Thomas, 2002).
- Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
- Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
- mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relations.
- Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
- Mendukung bauran pemasaran.
- Merancang pesan tematik agar pesan disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan.
- melakukan segmentasi media, dimana seorang public relations harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak maupun elektronik.
- Komunikasi interaktif. contohnya beberapa organisasi dalam merancang logonya melakukan pelibatan konsumen dimana dilakukan kompetisi merancang logo, contoh lain yaitu rubrik konsultasi atau jasa layanan konsumen melalui telepon.
- Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya.
- Iklan multiguna (memanfaatkan momentum psikologis) contoh bukan basa-basi.
- Penjualan simpatik / CSR (cooporate social responsibility) contoh : Aqua menyisihkan hasil penjualan untuk pipa mengalirkan air dikawasan timur Indonesia.
- Melakukan iklan layanan masyarakat.
- Pemasaran dari mulut kemulut.
- Ajang pemasaran khusus diman aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak. contoh ajang PRJ.
- Memanfaatkan komunikasi yang akrab untuk pelanggan.
- Siaran pers yaitu informasi yang mengandung nilai berita dan disampaikan oleh publik melalui media massa.
- Latar belakang ( Backgrounder).
- media internal
- laporan tahunan
- advetorial
- profil perusahaan
- lembaran berita (Newsletter).
- prospektus.
- penulisan komentar pembaca.
- penulisan naskah pidato.
- iklan layanan masyarakat.
0 comments:
Post a Comment